Selasa, 03 April 2012

Fragmentasi Khalayak


Hai readers!

Ketemu lagi sama kita minggu ini. Minggu ini kita mau ngebahas mengenai fragmentasi khalayak.
Hmmm.... Kira kira apa sih Fragmentasi khalayak? Gampang nya fragmentasi itu artinya pembagian segmen sehingga yang tadinya luas menjadi lebih sempit. Tujuan nya adalah untuk memudahkan perusahaan menentukan siapa target market nya.
Pembagian segmen apa? Kali ini kami mau mengangkat mengenai pembagian segmen dalam media cetak yaitu majalah. Bagaimana setiap masing – masing majalah menentukan target pembacanya.  Seperti majalah Bobo yang kita kenal sebagai majalah anak – anak tentunya ditujukan untuk anak – anak. Nah itulah yang di maksud dengan fragmentasi. Disini kami akan menjelaskan Fragmentasi berdasarkan usia dan isi nya. Checkidottt!

Fragmentasi berdasarkan isi dapat kita lihat dari keseluruhan isi dari majalah itu sendiri. Banyak sekali kita jumpai berbagai macam majalah yang di jual sesuai kebutuhan konsumen. Contoh nya antara lain :
·  Tempo adalah majalah yang berisikan berita-berita masa kini.
·  Bobo adalah majalah yang bertemakan anak-anak. Isi nya ada cerpen anak, permainan dan edukasi dasar untuk anak-anak.
·  Go Girl, Gadis adalah contoh majalah berisikan informasi fashion untuk remaja.
·  Majalah kuliner. Dalam majalah ini kita bisa menemukan resep-resep masakan, rekomendasi tempat makan, dll
·  Trubus adalah majalah mengenai tanaman-tanaman.
·  Dan ada juga majalah-majalah kesehatan.


Jadi, Pada umumnya kita membeli majalah sesuai dengan kebutuhan diri kita masing-masing akan informasi yang dicari. Namun, Majalah juga membagi segmen para pembaca berdasarkan usia dan jenis kelamin, contoh nya :
·  Cosmopolitan    : wanita karir, usia 25-40 tahun
·  Tempo              : wanita dan pria dewasa, usia 25-60tahun
·  XY kids              : anak laki-laki , usia 6-12 tahun
·  BOBO               : anak laki-laki dan perempuan , usia 3-10 tahun
·  Go Girl              : remaja putri , 12-20 tahun
·  Trubus              : pria atau wanita pecinta tanaman , 20-60tahun



















Contoh tersebut merupakan sebagian kecil, segmentasi dari majalah-majalah di Indonesia saat ini. Penerbit mendapat kan pembaca yang jelas, yang sudah ditujukan di dalam bacaan nya dan tentu nya menjadi lebih cocok antara isi dan pembaca nya.

Sesuai pembahasan di atas, dapat di simpulkan bahwa majalah juga mengalami media changes. Dimana majalah jaman dulu tidak terlalu variatif seperti sekarang ini.

Akhir kata, kami, The Task Maker harap para readers dapat mengerti mengenai apa yang kami sampaikan. Kami mengharapkan kritik dan saran dari para readers karena kritik dan saran dapat memotivasi kami untuk lebih baik lagi. Terima Kasih!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar