Selasa, 20 Maret 2012

MAINSTREAM AND NON-MAINSTREAM CULTURE

Culture atau yang kita kenal dengan nama budaya merupakan suatu aspek dalam hidup kita yg tidak akan pernah bisa terlepas dari kegiatan kita sehari - hari. Budaya memberikan pengaruh yang besar bagi setiap pribadi manusia. Tinggal bagaimana saja manusia tersebut menerimanya. Budaya yang lebih banyak dapat diterima disebut Mainstream Culture sedangkan yang kurang dapat diterima disebut Non -  Mainstream Culture. Berikut penjelasan nya.



Mainstream Culture merupakan suatu budaya yang dianggap terkenal di masyarakat dimana  budaya tersebut mendominasi masyarakat dan diikuti oleh mayoritas dari sebuah masyarakat yang dipopulerkan melalui media masa. Kebiasaan ini mengarahkan masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan jaman atau budaya yang ada. Budaya ini membuat seorang individu ingin diperhatikan oleh masyarakat.

Contoh mainstream culture yang terjadi di Indonesia khusus nya kalangan muda . Remaja Indonesia saat ini sedang menggandrungi budaya korea, mulai dari musik,pakaian,makanan dan lain nya. Salah satu yang akan kami bahas adalah, cara remaja Indonesia berpakaian mereka cenderung memakai baju ala artis-artis dan remaja korea. Remaja Indonesia merasa lebih menarik,keren seperti yang idola mereka gambarkan dengan memakai pakaian tersebetu, padahal baju-baju korea ini belum tentu cocok dengan mereka. Pakaian korea ini tidak hanya digandrungi cewek-cewek tapi juga cowok-cowok abg di Indonesia.



Sedangkan, Non-Mainstream Culture adalah budaya yang tidak di ikuti oleh masyarakat kebanyakan. Karena budaya tersebut bersifat asli dan kemungkinan tidak akan pernah menjadi populer, tetapi tetap mengagumkan bagi mereka yang menggunakan nya, karena itu mereka merupakan kaum minoritas, sedangkan mereka yang mengikuti Mainstream Culture merupakan kaum mayoritas.

Contoh non - mainstream culture adalah budaya batik yang hanya digunakan oleh sebagaian kecil masyarakat dan kurang diminati oleh kalangan muda Indonesia. Baju batik ini sebagian besar digunakan oleh  kaum tua di Indonesia.


Sekian posting tugas kita kali ini. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi para bloggers. Tunggu posting selanjutnya dari The Task Maker !
See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar